Jumat, 02 November 2012

SEKRETARIS BAPEL (P3K) TEBAR ATRAKTOR CUMI DI DESA AWANGO


Guna mensosialisasi penggunaan teknologi atraktor cumi di Kabupaten Halmahera  Sekretaris Bapel P3K Ir Abdullah Soleman, M.Si bersama kepala bidang programa dan kelembagaan dibantu oleh penyuluh perikanan melakukan aksi pembuatan dan penebaran  atraktor cumi di desa Awango Kec. Bacan.
Sebelum kegiatan penebaran Ir. Abdullah Soleman, M.Si, melakukan pertemuan dengan masyarakat nelayan desa Awango dan memberi penjelasan tentang manfaat atraktor cumi sebagai alternative alat penangkap ikan yang ramah lingkungan, dalam penjelasannya Sekretaris Bapel mengatakan  keberadaan alat ini, sangat membantu para nelayan,
Nelayan tidak perlu jauh melaut untuk menangkap cumi - cumi, sebab alat ini cukup ditempatkan di permukaan laut, dengan sendirinya cumi - cumi akan datang. Lebih jauh dijelaskan Atraktor cumi merupakan bangunan bagian dari rumpon dasar yang dimodifikasi sehingga mempunyai fungsi khusus.
Atraktor cumi tersebut mempunyai fungsi khusus yaitu sebagai tempat menempelnya telur cumi-cumi seperti pada rumput laut sehingga bisa berkembang biak, sehingga nelayan tidak perlu lagi mencari cumi jauh ke tengah laut yang membahayakan keselamatan nelayan tersebut.  Selain fungsi khusus tersebut, atraktor cumi juga mempunyai fungsi yang sama dengan rumpon dasar yang lain yaitu sebagai tempat spawning ground nursery roud dan sebagai tempat berkumpulnya ikan.
Alat atraktor ini sebenarnya merupakan alat sejenis rumpon dengan desain menyerupai bentuk seperti kelopak bunga yang bisa dibuat dari ban bekas atau bambu yang dibenamkan di dasar laut, agar cumi-cumi betah berada di dalam sarang buatan ini. 
Di dalam atraktor ditempatkan serabut-serabut dari tali agar mirip tumbuhan laut, tempat cumi-cumi biasa meletakkan telurnya, sementara di bagian atas atraktor ditutupi plastik hitam atau karung goni agar kondisi di dalam rumpon  gelap tak tersentuh cahaya matahari karena cumi-cumi tergolong hewan yang aktif di saat malam hari, sehingga induk cumi-cumi ini mudah berkembang biak dalam atraktor.
Secara garis besar, manfaat atraktor cumi-cumi, Sebagai alat pengumpul cumi-cumi, Sebagai tempat cumi-cumi melepaskan telur, menjadi daerah asuhan dan pembesaran, sebagai terumbu karang buatan, daerah yang menarik untuk dikembangkan sebagai daerah ekowisata pantai, alih teknologi pada pengelolaan ekowisata dan untuk pengembangan penelitian ulasnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar